Bukan Harapan Palsu

Setiap orang memiliki harapannya masing-masing. Entah itu harapan baik atau buruk, kecil atau besar, realistis atau utopis. Harapan hidup sebagai pendamping tujuan. Tanpa harapan segala visi dan misi hanyalah kertas putih penuh kekosongan. Harapan memotivasi untuk pantang menyerah meraih mimpi. Memberi kabar gembira bahwa apa yang diimpikan dapat menjadi kenyataan. Begitu pula mengenai harapan dalam persoalan cinta.

Berhubungan dengan harapan, pasti tidak asing dengan istilah PHP. Bagi orang yang terbiasa bergelut di dunia IT mengenal PHP sebagai Hypertext Preprocessor, yakni sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website. Tapi PHP yang dimaksud dalam pergaulan pada umumnya adalah Pemberi Harapan Palsu. Meskipun istilah itu membuat otak berpikir memangnya ada pemberi harapan asli?

Bila ada pemberi harapan palsu maka semestinya ada pemberi harapan asli sebagai bentuk negasi. Lagi pula memangnya seperti apa bentuk dari harapan palsu? Lalu seperti apa harapan asli? Apakah harapan yang tak tercapai pantas disebut palsu? Benarkah yang memberikan harapan palsu itu sepenuhnya bersalah? Bisa jadi orang lain yang memberi harapan tapi diri sendiri yang memalsukan. Andaipun ada orang yang jelas memberi harapan lalu ia mengecewakan, mungkin bukan harapan yang palsu. Melainkan harapan yang diletakkan pada tempat keliru.

Berharap memang tak salah, tapi sepenuhnya menyalahkan orang lain karena diri terlalu berharap tentu sebuah masalah. Salah menempatkan harapan memang bukan keinginan. Tapi bukan berarti menyalahkan orang lain karena salah menempatkan. Lalu mengapa kesalahan dalam menaruh harapan seringkali dibebankan pada orang yang dianggap memberi harapan? Padahal bisa jadi dia tak pernah memberi harapan. Namun diri sendiri yang menciptakan harapan berlebihan.

“Berharap, silakan. Berharap tinggi, hanya kepada Tuhan.”
— Aksara Nomaden

Advertisements

Published by

Muhamad Asep D

Hanya manusia

One thought on “Bukan Harapan Palsu”

Beri Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s