Catatan Gaza : Fakta-fakta Mengagumkan

“Dan kamu akan melihat kebanyakan dari mereka (orang-orang Yahudi) bersegera membuat dosa, permusuhan dan memakan yang haram. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka telah kerjakan itu.”
(QS. Al-Maidah [5] : 62)

Israel kembali menggempur Gaza dengan peralatan militer canggihnya, Hamas membalas dengan roket dan senjata seadanya. Bangunan yang berdiri menjadi rata dengan tanah. Darah bercipratan, tulang remuk, tubuh hancur dan nyawa-nyawa jatuh bergelimpangan. Suara tangis dan teriakan takbir berkumandang menyerukan jihad melawan kebiadaban.

Hanya Allah satu-satunya harapan. Hanya Allah satu-satunya landasan perjuangan ketika sebagian pemimpin negara-negara arab hanya diam menyaksikan. Amerika dan sekutunya tak sedikitpun menginvasi Israel sebagaimana mereka menginvasi negara-negara mayoritas muslim lainnya dengan menebar peperangan. Hak asasi manusia hanyalah seonggok sampah bagi muslim. PBB seperti binatang piaraan yang bertekuk lutut pada Israel.

Dunia hanya bisa mengecam seadanya, padahal dengan jelas kearoganan Israel sudah terlampau jahanam!!! Perundingan hanyalah basa-basi bagi Israel yang seringkali melanggar janji. Perundingan hanyalah pengunduran waktu untuk Israel berbuat biadab kembali. Entah sampai kapan rakyat palestina diuji, namun kemenangan yang Allah janjikan itu pasti akan terjadi.

Melalui postingan ini aku ingin menyampaikan dua catatan yang kudapat dari group One Day One Juz atau ODOJ di whatsapp. Mungkin kawan pernah membacanya dari sumber lain. Tapi tak ada salahnya untuk membacanya kembali sekedar menyegarkan ingatan. Catatan pertama tentang beberapa fakta di gaza dan sedikit tambahan terkait suriah dan mesir yang ditulis oleh ustadz Salim A. Fillah. Catatan kedua berupa surat yang ditulis untuk muslim di Indonesia dari saudara kita di Gaza, yakni Abdullah Al Ghaza.

Aku tak tahu kapan kedua catatan ini pertama kali dibuat dan dipublikasikan. Tapi aku yakin dari kedua catatan ini kita bisa mengambil banyak pelajaran, hikmah dan renungan yang secara tak langsung dapat menjadi teguran bagi kita. Semoga kita dapat mengambil dan mengimplementasikan manfaatnya dan tetap dalam perlindungan-Nya.

Fakta-fakta Yang Mengagumkan di Gaza

Ustadz Salim A. Fillah berkesempatan mengantarkan dana untuk bantuan Gaza dari Sahabat Al-Aqsa. Di Gaza beliau tinggal 10 hari. Dalam kunjungannya itu ustadz Salim mendapatkan fakta-fakta Gaza yang mengagumkan sebagai berikut:

  1. Al-Quran memuliakan Gaza, Anak-anak dan penduduk Gaza mencintai Al-Qur’an dengan membaca dan menghafalkannya di toko, mall, apotek. Saat orang antri membayar ada fasilitas setor hafalan Al-Qur’an. Anak-anak di Gaza saat ditanya, cita-citanya adalah syahid. Mereka tahu caranya adalah dengan menghafal Quran, karena Hamas hanya menempatkan orang-orang yang terbaik Quran-nya untuk menempati posisi-posisi strategis yang dekat dengan syahid.
  2. Ismail Haniya, orang yang paling diburu Israel ternyata sangat mudah ditemui di Gaza. Dia pemimpin seperti Umar bin Khattab. Pagi ngantor, sore mengunjungi rumah-rumah rakyat dan makan bersama mereka, malam menemui tamu-tamunya.
  3. Cover boy majalah remaja di Gaza adalah gambar para syuhada mereka, penduduk Gaza yang mati syahid.
  4. Setiap mendengar tembakan, penduduk Gaza akan bertanya, “Siapa yg mendapat kemuliaan dari Allah untuk syahid hari ini?”
  5. Universitas Islam Gaza, adalah sebuah universitas yang sangat bagus, didirikan oleh Syeikh Ahmad Yasin. Anak beliau bekerja di universitas tersebut sebagai tukang kebun, merawat kampus dan kebun yang dulu dibangun ayahnya dengan kursi rodanya (mengangkati batu dg kursi roda).
  6. Rumah-rumah para syuhada Gaza sangat sederhana meski negara memuliakan ahli warisnya dengan tunjangan uang yang besar. Para ahli waris itu hanya mengambil seperlunya, sisanya dikembalikan ke rakyat.

Seperti ahli syeikh Ahmad Yasin yang mengembalikan uangnya ke umat dengan cara
membuat sumur untuk rakyat. “…. Saya jd teringat cerita John Mahoney, staff kementrian Kesehatan UK (sahabat supervisor saya) yang pernah tinggal di Gaza a.n UN….“ bayangan HAMAS yang teroris itu tidak ada jika bertemu sendiri dengan mereka…. Mereka sangat santun, bersih dan terpelajar…. ””.

[ Sallim-Fillah/YL/Islamedia ]

***
Maka hari ini, jika puasa terasa melemahkan, jika tarawih melelahkan, jika tilawah memayahkan, mari menatap sejenak ke arah Mesir dan Suriah.

Sebab mereka nan mewakili kita di garis depan iman, dibakar musim panas, direpotkan hajat, dicekam ancaman, disuguhi besi dan api, tapi teguh.

Mereka nan darahnya mengalir dengan tulang pecah, tapi tak hendak membatalkan shaum sebab ingin syahid berjumpa Rabbnya dalam keadaan puasa.

Mereka gadis-gadis belia yang menulis nama di tangannya, agar jika syahadah menjemput dan jasad remuk tiada yang susah bertanya siapa namanya.

Hari ini ketika kolak dan sop buah tak memuaskan ifthar kita, tataplah sejenak ke negeri yang kucing pun jadi halal karena tiadanya makanan.

Hari ini sungguh kita ditampar Allah dengan Mesir, dengan kepahlawanan mereka nan lebih suka bertemu Allah daripada hidup membenarkan tiran.

Hari ini sungguh kita ditampar Allah dengan Suriah, ketika kisah Ibu yang memasak batu dan menidurkan anaknya dalam hujan peluru adalah fakta.

Sebab mungkin 60 tahun penjajahan kiblat pertama, masjid suci ketiga, dan penzhaliman atas ahlinya belum utuh mencemburukan hati imani kita.

Hari ini kami minta izin pada Shalih(in+at) tuk memohon, bagian dari kepedulian itu

— Salim A. Fillah

Bersambung ke Catatan Gaza : “Wahai Saudaraku di Indonesia . . .”

Advertisements

Published by

Muhamad Asep D

Hanya manusia

One thought on “Catatan Gaza : Fakta-fakta Mengagumkan”

  1. Pingback: Aksara Nomaden

Beri Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s